Rabu, 06 Juni 2012

Sejarah Piala Eropa (Euro Cup)


Piala Eropa atau dikenal dengan Euro Cup sesuai namanya merupakan turnamen yang digelar di benua Eropa dan hanya diikuti oleh negara-negara Eropa. Ide awal pencetusan turnamen piala Eropa berasal dari sekretaris Federasi Sepakbola Perancis atau FFF, Henri Delauney pada akhir tahun 1920an.
Saat itu Amerika Selatan berjaya di panggung sepakbola dunia dan tidak dapat ditandingi oleh negara-negara Eropa. Uruguay sebagai salah satu negara Amerika Selatan sukses menyabet medali emas Olimpiade di tahun 1924 dan 1928. Atas prestasinya tersebut, Uruguay diberi kehormatan untuk menjadi tuan rumah piala dunia untuk pertama kalinya di tahun 1930.
Delauney menyampaikan idenya agar Eropa membuat kompetisi yang mampu memperbanyak pertandingan antar negara Eropa, Dengan jalan membuat turnamen antar negara Eropa. Namun sayang ide Delauney tidak dihiraukan oleh UEFA (Federasi Sepakbola Eropa) saat itu. UEFA malah membuat turnamen antar klub Eropa cikal bakal liga champion, liga eropa dan piala winners di masa mendatang.
Hal tersebut membuat Delauney kecewa dan jatuh sakit, Beliau akhirnya meninggal pada tahun 1955. Kontan hal tersebut membuat kaget para petinggi UEFA, Dalam kongres UEFA tahun 1957, Akhirnya ide lawan Delauney diterima dan UEFA memutuskan untuk menggelar turnamen piala Eropa pertamanya di Perancis pada tahun 1960 sebagai penghormatan atas jasa-jasa Delauney.
Uni Soviet atau dikenal Rusia saat ini keluar menjadi juara piala Eropa pertama kalinya, Uni Soviet keluar sebagai juara setelah meraih kemenangan 2-1 atas Yugoslavia di final.
Sejak saat itu, setiap 4 tahun sekali UEFA menggelar perhelatan 'Piala Dunia Mini' ini. Perkembangan dari perhelatan akbar itu pun terus terjadi. Misalnya jumlah peserta Piala Eropa kedua yang berlangsung di Spanyol, 1964, membengkak dari 17 negara menjadi 29 negara. Pembengkakan ini antara lain ditandai masuknya Inggris dan Italia dalam kancah perhelatan akbar se-Eropa ini. Namun format putaran final sama seperti yang pertama, yaitu 4 tim yang lolos ke putaran final. Kali ini di final tuan rumah Spanyol menumbangkan juara bertahan Uni Soviet dengan skor 2-1.

Karena jumlah peserta semakin bertambah, maka format pertandingan pun diubah. Setiap peserta harus menjadi juara dan runner up grup terlebih dahulu untuk lolos ke putaran final. Format inilah yang menjadi format baku yang dianut setiap perhelatan piala Eropa.

Sumber : mabosbet.com

Tidak ada komentar: